STRATEGI PEMBELAJARAN SMA NEGERI 1 PINOGALUMAN DIMASA PANDEMI COVID 19
PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI METODE KOMBINASI

By Wawan Idris Gintulangi 13 Okt 2020, 17:42:52 WIB Sekitar Kita
STRATEGI PEMBELAJARAN SMA NEGERI 1 PINOGALUMAN DIMASA PANDEMI COVID 19

Gambar : Monitoring Kepala Sekolah Pada Pembelajaran Luring


Masa Pandemi Covid-19 telah berlangsung sejak Maret 2020. Hal ini membuat semua aspek kehidupan masyarakat harus beradaptasi termasuk dalam bidang pendidikan. Guru juga harus mengadaptasi cara mengajarnya. Biasanya, guru dan siswa belajar dengan cara tatap muka, namun sekarang harus mengajar dengan cara pembelajaran jarak jauh. 

Pembelajaran yang diselenggarakan SMA Negeri 1 Pinogaluman sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik, kemampuan mengkontruksi pengetahuan baru, dan kemampuan menguasai materi pelajaran dengan baik. Pembelajaran perlu didesain dengan baik, karena melibatkan interaksi peserta didik, pendidik (guru) dan sumber belajar pada sebuah lingkungan belajar. Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka penerapan pembelajaran juga mengalami perubahan, begitu juga yang dilakukan SMA Negeri 1 Pinogaluman.

Proses KBM saat ini dibagi dalam dua bagian yakni Pembelajaran secara daring atau dalam jaringan serta secara luring atau luar jaringan. Terkendalanya minat dan motivasi siswa dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan banyaknya siswa tidak memiliki HP membuat SMA Negeri 1 Pinogaluman melaksanakan pembelajaran secara luring.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pinogaluman Selfi Kohongia, S.Pd, menjelaskan proses pembelajaran Luring dipusatkan disetiap kantor Desa di wilayah Kecamatan Pinogaluman dan dibagi menjadi 6 kelompok sesuai dengan tingkatan dan jurusan, dalam sehari guru dibagi menjadi 6 kelompok untuk berkunjung di 4 - 6 desa sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh  kurikulum sekolah. sehingga penerapan protokol kesehatan covid 19 benar-benar terlaksana sesuai dengan anjuran pemerintah.

Lanjut dia, orang tua sangatlah berperan penting dalam pembelajaran daring dan luring di masa pandemi kali ini, karena dengan berhasilnya siswa juga didukung penuh oleh orang tua. “Tentunya kami berharap agar virus corona ini cepat berakhir sehingga bisa beraktivitas normal seperti biasa dan para siswa bisa bertatap muka langsung di Sekolah,” Jelas Kepsek.
 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment