Minggu, 19-05-2024
  • Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit, Sejatinya seseorang hanya suka menilai buruk orang lain, namun tidak suka dirinya dinilai buruk. Suka mengritik orang lain, namun tidak suka dikritik orang lain.

SMA NEGERI 1 PINOGALUMAN MENGGELAR UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Pinogaluman, (1 Oktober 2022), Penetapan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila, tak lepas dari peristiwa 30 September 1965 yang biasa disebut G30S. 01 Oktober merupakan salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada hari itulah diperingati sebagai hari kesaktian pancasila. Peringatan hari kesaktian Pancasila pada 1 Oktober tahun ini mengambil tema, “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”. Untuk memperingati hari kesaktian pancasila ini SMA Negeri 1 Pinogaluman melaksanakan upacara bendera sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan ideologi bangsa Indonesia yakni Pancasila.

Upacara dilaksanakan di Lokasi LDKO Pantai MO’OTAME Desa Dalapuli Barat Kecamatan Pinogaluman, Upacara ini dimulai pukul 08.00 WITA. Pada kesempatan ini yang bertindak sebagai pembina upacara adalah Ibu SELFI KOHONGIA, S.Pd. selaku Kepala SMA Negeri 1 Pinogaluman. Dalam amanatnya beliau menyampaikan hakikat dari kesaktian pancasila itu sendiri “Pancasila itu sebagai penguat dan penggerak”. Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta upacara bahwa pada era sekarang ini tantangan kita sebagai penerus bangsa sangat berat. Hal ini disebabkan karena adanya ideologi-ideologi asing yang masuk dan mempengaruhi rakyat Indonesia, yang mana ideologi tersebut tidak sesuai dengan bangsa Indonesia dan pancasila.

Beliau juga menyampaikan bahwa kita khususnya para siswa harus bisa mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila adalah milik bangsa Indonesia seutuhnya, bukan milik salah satu agama atau golongan apapun. Ibu Evy sapaan akrabnya juga mengajak agar para generasi muda menyelamatkan Pancasila serta menentang pemikiran-pemikiran yang tidak sejalan dengan bangsa Indonesia. Semoga masih selalu ada harapan untuk menyelamatkan Pancasila. Mari bersama kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa yang telah dibangun oleh para pendiri bangsa ini! Kita amalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila terjaga, Indonesia maju dan bangkit bersama.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang cenderung mulai luntur. Nilai-nilai utama dalam butir-butir pancasila bisa dimaknai sebagai semangat untuk membangun kembali jati diri bangsa. Kita sebagai generasi penerus bangsa merupakan kewajiban untuk tetap mempertahankan Bangsa Indonesia. Jika kita bisa mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk mempertahankan bangsa Indonesia, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengikuti upacara bendera setiap 01 Oktober. Sebagai salah satu wujud,kita mencintai tanah air kita, bangsa kita. Dan mempertahankan dari ancaman perjajah.