Pinogaluman, 2 April 2024, Ujian Sekolah (US) Kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024 di SMAN 1 Pinogaluman memasuki hari terakhir. Setelah berlangsung selama 2 Pekan yang berlangsung sejak tanggal 25 Maret 2024.

Ujian Sekolah merupakan evaluasi  akhir hasil belajar siswa/siswi selama menempuh pendidikan di tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA). Berbagai persiapan dilakukan dalam kegiatan Ujian Sekolah baik oleh guru sebagai panitia pelaksana maupun siswa/siswi sebagai peserta ujian sekolah SMAN 1 Pinogaluman. Kegiatan US berjalan dengan baik berkat kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua. Adanya bantuan pengawasan dari orang tua serta pemantauan dari wali kelas. Pelaksanaan ujian sekolah tahun pelajaran 2023/2024 pada pelaksanaan hari pertama hingga di hari terakhir pelaksanaan ini terlaksana dengan baik, lancar, disiplin dan tertib.

Kepala SMA Negeri 1 Pinogaluman Selfi Kogongia, S.Pd mengungkapkan, hasil Penilaian Akhir Semester bukan saja berupa nilai atau angka-angka yang tertera di Ijazah nantinya, namun lebih kepada pembentukan karakter. Karakter-karakter unggul akan menjadi bekal utama peserta didik dalam menghadapi tantangan hidup di era milenial. Harapan saya, dengan kualitas kompetensi yang baik dan karakter pribadi yang unggul dapat menjadi jembatan untuk meraih cita-cita dan kesuksesan hidup peserta didik SMAN 1 Pinogaluman nantinya, pungkas Kepala Sekolah.

Dengan pelaksanaan Ujian Sekolah ini pihak sekolah berharap bahwasanya proses ujian ini dilaksanakan untuk melaksanakan proram pendidikan demi untuk mengevaluasi kompetensi peserta didik selama mengikuti pembelajaran di SMA Negeri 1 Pinogaluman.