Pinogaluman, 7 Juni 2023 Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Tahun Pelajaranan 2024/2025 mulai dibuka secara seretak se Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 1 Juni 2024. SMA Negeri 1 Pinogaluman memfasilitasi Calon Peserta Didik dalam Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun ajaran 2024/2025 secara online. PPDB tingkat SMA/SMK di Sulawesi Utara dibuka 1 s.d 18 Juni 2024. SMAN 1 Pinogaluman merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan pendaftaran siswa baru melalui PPDB Online.

Kepala SMAN 1 Pinogaluman SELFI KOHONGIA, S.Pd mengungkapkan, PPDB online yang dlaksanakan di SMAPIN dimaksudkan memudahkan dan membatu kepada perserta didik baru yang memiliki kendala dalam proses pendaftaran dilaksanakan secara online, yang perlu disiapkan peserta didik adalah kelengkapan berkas pendukung yang dibutuhkan, pungkasnya.

Mekanisme PPDB tahun 2024 ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya, SMAN 1 Pinogaluman memiliki kuota PPDB tahun 2024 berjumlah 193 Peserta Didik yang terbagi  4 jalur pendaftaran yang tersedia di SMA Negeri 1 Pinogaluman, yaitu Jalur Zonasi dengan 96 kuota, Jalur Afirmasi dengan 29 kuota, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua dengan degan 10 kuota, dan Jalur Prestasi dengan 48 kuota.

Syarif Ginoga, M.Pd selaku ketua Panitita PPDB SMAPIN menuturkan, sejauh ini pelaksanaan PPDB di SMAN 1 Pinogaluman berjalan dengan baik. Sejak hari pertama pelaksanaan, tidak ditemui kendala yang berarti, ketika menemui kendala kami Tim PPDB langsung menyelesaikan permasalahan tersebut dengan melakukan koordinasi Tim PPDB DIKDA Provinsi Sulawesi Utara, pungkasnya.