Kamis, 25-04-2024
  • Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit, Sejatinya seseorang hanya suka menilai buruk orang lain, namun tidak suka dirinya dinilai buruk. Suka mengritik orang lain, namun tidak suka dikritik orang lain.

DEWAN KERJA AMBALAN DATOE BINANGKAL – KARTINI MANOPPO MENGGELAR KEGIATAN BANTARA

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Pinogaluman (11 Mei 2023) Pangkalan SMA Negeri 1 Pinogaluman hari ini menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Pertama (Penegak Bantara) Gugus Depan 06.641 – 06.642. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bumi Perkemahan Desa Busato, Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang merupakan kegiatan rutin Dewan Kerja Ambalan Datoe Binangkal Kartini Manoppo tiap tahun.

Kegiatan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan pramuka ke tingkat selanjutnya dalam tingkatan penegak, pramuka Penegak adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 16 sampai dengan 20 tahun. Secara umum usia tersebut disebut masa sosial atau disebut juga masa remaja awal yaitu masa pencarian jati diri. Penegak dianggap sudah berani meluaskan sayapnya sendiri, membuka lingkaran dunianya lebar-lebar serta mandiri.

Bertindak sebagai pembina dalam upacara Pembukaan yakni SELFI KOHONGIA, S.Pd selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan menyampaikan rasa bangga kepada seluruh anggota pramuka yang terlibat pada kegiatan ini baik para panitia pendamping serta para peserta yang siap melaksanakan tugas serta tanggung jawab sesuai dengan syarat kecakapan umum (SKU) Penegak Bantara.

Lebih lanjut Kak Mabigus mengatakan tanggung jawab sebagai anggota pramuka bantara bukan hanya sekedar menyematkan tanda kecakapan umum dipundak semata tapi sebagai bentuk tanggung jawab dan kerja keras karena tantangan yang akan dihadapi ke depan semakin besar.

Untuk itu, agar dapat meraih apa yang diinginkan butuh perjuangan, butuh kerja keras serta dedikasi yang tinggi, sebagai anggota pramuka untuk lebih disiplin dan bertindak serta bertingkah laku sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, pungkasnya.

Pelantikan anggota pramuka penegak bantara dapat terlaksana setelah mereka menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) untuk memastikan sanggup atau tidaknya mengemban tugas penegak bantara, setelah semua dirasa mampu dan memenuhi syarat maka dilaksanakan prosesi pelantikan.Kegiatan ini diagendakan berlangsung selama 4 hari 3 malam dan akan ditutup hari Minggu, 14 Mei 2023.