Senin, 20-05-2024
  • Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit, Sejatinya seseorang hanya suka menilai buruk orang lain, namun tidak suka dirinya dinilai buruk. Suka mengritik orang lain, namun tidak suka dikritik orang lain.

GUDEP 06.641-06.642 PANKALAN SMAN 1 PINOGLUMAN MENGGELAR MUSYAWARAH AMBALAN

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Ambalan Datoe Binagkal – Kartini Manoppo Pinogaluman Pangkalan SMAN 1 Pinogaluman melaksanakan Musyawarah Ambalan (Musyam) ke-13 yang menjadi akhir kepengurusan Dewan Kerja Ambalan masa bakti 2022-2023. Musyawarah Ambalan merupakan musyawarah tertinggi dalam Gugus Depan 06-641 & 06-642 Pangkalan SMAN 1 Pinogaluman.

Musyawarah ini diikuti oleh para warga ambalan, baik yang masih aktif ataupun yang sudah purna yang sebagai peserta Musyam. Musyawarah ini bertujuan untuk sebagai sarana Laporan Pertanggungjawaban Organisasi  dari DKA kepada para warga ambalan, serta pembahasan komisi. Komisi yang dimaksud adalah komisi yang sebagai pedoman keorganisasian  Datoe Binangkal-Kartini Manoppo. Musyam resmi diawali dengan Upacara Adat Buka yang dipandu oleh Pemangku Adat  pada Acar Pembukaan, Jum’at (17/03) sore. Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan SELFI KOHONGIA, S.Pd. berkesempatan menyampaikan amanatnya dalam Upacara ini. “Saya berharap kepada pengurus yang kelak terpilih dapat menjalankan program dan segala konsekuensi yang ada di pramuka. Dalam pramuka jangan setengah-setengah, harus totalitas, karena masa depan pramuka berada di tangan kalian. ”Selain itu, ia juga mengapresiasi kepengurusan lama yang sudah memperjuangkan Pramuka selama masa baktinya. Ia menambahkan, bahwa para anggota pramuka tidak mengecewakan dalam masyarakat’. Organisasi Pramuka, menghasilkan orang-orang yang tidak mengecewakan dalam bermasyarakat. karena kegiatannya di pramuka juga banyak sekali manfaat. disini juga diharapkan konsisten serta dapat mengajak atau mengubah mindset teman-teman terhadap pramuka, bahwa pramuka itu menyenangkan.” pungkasnya.

Agenda selanjutnya stelah Upacara Pembukaan yakni Sidang Pendahuluan yang dipimpin oleh DKA. Sidang ini bertujuan membuka sidang dan menyepakati tata tertib dalam Musyam serta memilih Tim Presidium Musyam. Setelah itu, Sidang berikutnya dipimpin oleh Tim Presidium yang terdiri dari Pimpinan sidang, Aco Tala’a dan sekretaris sidang, Rivana Langitan.

Sidang selanjutnya adalah Sidang Pleno, yang bertujuan membahas Laporan Pertanggungjawaban Organisasi Dewan Kerja Ambalan Datoe Binagkal – Kartini Manoppo SMAPIN masa bakti 2022/2023. Pembahasan berlangsung padat, para peserta bertanya dan memberi masukan yang kemudian ditanggapi oleh DKA terkait Program Kerja DKA yang dilaporkan dalam bentuk LPO kepada peserta Musyam. Setelah Sidang Pleno selesai, LPO disahkan dan pimpinan sidang menutup Musyam pada hari pertama.

Pada hari kedua, Sabtu (18/03) pagi, pimpinan sidang resmi membuka sidang pada hari kedua. Musyam pada hari kedua diawali dengan Sidang Komisi. Sidang ini berfungsi sebagai sarana pembahasan komisi. Komisi terbagi menjadi 3, yakni Komisi A (Organisasi), Komisi B (Kegiatan Ambalan) serta Komisi C (Adat Ambalan). Setelah sidang komisi dan pengesahan Komisi A,B,C, dilanjutkan dengan Sidang Tim Formatur. Sidang ini merupakan sidang pembentukan Tim Formatur. Tim Formatur merupakan tim yang merumuskan DKA satu masa bakti kedepannya yang terdiri dari unsur-unsur yang berada di dalam Ambalan.

Wan Gintulangi sebagai pembina juga menyampaikan beberapa poin diantaranya Musyam ini bertujuan memaksimalkan wahana pembelajaran berorganisasi, menyiapkan anggota untuk berdarma di masyarakat, seperti motonya, Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan, mendorong keputusan-keputusan, dan program kerja yang dapat memajukan Pangkalan SMAN 1 Pinogaluman, serta berharap mendapatkan pimpinan yang dapat membawa Ambalan Datoe Binangkal – Kartini Manoppo dengan perolehan-perolehan prestasinya.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan