Minggu, 19-05-2024
  • Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit, Sejatinya seseorang hanya suka menilai buruk orang lain, namun tidak suka dirinya dinilai buruk. Suka mengritik orang lain, namun tidak suka dikritik orang lain.

DEKLARASI PELAJAR DAN REFLEKSI PEMBELAJARAN PROJEK P5 SUARA DEMOKRASI

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Pinogaluman, 24 Februari 2023. Tim P5 SMAPIN Tema 2 Suara Demokrasi menggelar Deklarasi Pelajar dan Refleksi Pembelajaran sebagai bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka. Kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. 

SMA Negeri 1 Pinogaluman telah melaksanakan dan merealisasikan program P5 dengan tema “Suara Demokrasi”. Para siswa dibekali berbagai pengetahuan tentang konsep demokrasi, prinsip-prinsip demokrasi, dan cara berdemokrasi yang baik sesuai dengan aturan yang berlaku di masyarakat. Untuk meningkatkan wawasan tentang PEMILU, para siswa mendapatkan pengetahuan secara langsung dari narasumbernya melalui kegiatan Pendampingan KPU Bolaang Mongondow Utara tentang penerapan demokrasi dalam hal ini alur dan tata cara pelaksanaan pemilihan. Adapun untuk kegiatan aksi nyata para siswa terlibat langsung dalam kegiatan Pemilihan Ketua OSIS yang dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Januari 2023. Secara berkelompok para siswa belajar meliput berita dan menyampaikan kembali isi pemberitaannya baik di dalam maupun di luar kelas. Kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS ini dilaksanakan sebagai bagian dari Demokrasi di sekolah setelah dilakukan tahapan seleksi para calon. Tahapan seleksi para calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS tersebut dilaksanakan melalui kegiatan debat debat terbuka. Adapun calon yang terpilih adalah pasangan Firmansyah Rompis dan Ilham Olii.

Dalam sambutannya, SELFI KOHONGIA, S.Pd menyampaikan harapannya bahwa kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema “Suara Demokrasi” ini dapat ditularkan kepada siswa-siswa yang lain sehingga mereka dapat memahami dan menerapkan konsep demokrasi ini dalam kehidupan nyata. Rasa bangga dan bahagia atas terlaksananya Deklarasi Pelajar dan Refleksi dari P5 ini. Beliau pun menyampaikan rasa terimakasih kepada para fasilitator yang telah membimbing dan memotivasi siswanya dengan penuh tanggung jawab.

Fadlun Alkatiri, S.Pd sebagai koordinator program, beliau mengharapkan melalui kegiatan refleksi ini para siswa memiliki pengetahuan tentang demokrasi dan dapat menerapkan prinsip-prinsip demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, para siswa dapat mengamalkan prinsip demokrasi dalam setiap kegiatan, baik di sekolah, di keluarga, atau di masyarakat. Hal senadapun disampaikan oleh Bapak Tamsir Halili, S.Sos sebagai fasilitator, beliau sangat berharap ke depannya kegiatan P5 ini  akan lebih lagi  dan mendapat dukungan dari berbagai pihak. Melalui kegiatan P5 ini, diharapkan para siswa terlatih untuk fokus terhadap materi yang diberikan, pungkasnya.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan