Mengawali Tahun Pejaran Baru 2024/2025, SMA Negeri 1 Pinogaluman resmi membuka kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dimulai dari tanggal 8 Juli sampai dengan 10 Juli 2024. Pembukaan MPLS ini dihadiri oleh Bapak PATRA KAPISO, S.Pd. Selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Daerah Wil. Kab. Bolmong Utara Prov. Sulawesi Utara, Kepala SMA Negeri 1 Pinogaluman, Staf Dewan Guru SMA Negeri 1 Pinogaluman, Pembina OSIS SMA Negeri 1 Pinogaluman, Panitia OSIS, serta Seluruh Peserta Didik Baru.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan awal untuk memperkenalkan para peserta didik baru terhadap semua hal mengenai lingkungan sekolah. Kegiatan ini dimulai dari pengenalan program sekolah, sarana dan prasarana sekolah, sistem pembelajaran, pengenalan diri, hingga pembinaan.

Kegiatan MPLS ini resmi dibuka oleh Bapak PATRA KAPISO, S.Pd. Selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Daerah Wil. Kab. Bolmong Utara Prov. Sulawesi Utara. Bapak SYARIF GINOGA, M.Pd. selaku Pembina OSIS menyampaikan bahwa “Dengan tema Mewujudkan Generasi Berkarakter, Berbudaya sesuai Profil Pelajar Pancasila” peserta didik diharapkan mampu mengikuti serangkaian kegiatan MPLS sesuai aturan yang ditetapkan. Selaku ketua panitia beliu juga menyampaikan ucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana dan pihak sekolah yang bekerja keras sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar.

 

Sebelum  pemaparan materi dari pihak sekolah, calon peserta didik baru menyimak sambutan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Daerah Wil. Kab. Bolmong Utara Prov. Sulawesi Utara. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi mengenai profil sekolah oleh manajemen SMA Negeri 1 Pinogaluman yang di paparkan langsung oleh Ibu SELFI KOHONGIA, S.Pd. Selaku Kepala SMAN 1 Pinogaluman. Setelah itu, dilanjutkan  pemaparan materi kepemimpinan dan organisasi oleh OSIS. Di pengujung kegiatan MPLS hari pertama   dilanjutkan dengan penampilan bakat siswa.

Dengan berlangsungnya kegiatan MPLS ini diharapkan seluruh peserta didik membuka jalan untuk mengenal diri sendiri dan lingkungan sekolah secara mendalam. Serta dapat dijadikan kegiatan kesempatan untuk memupuk sikap disiplin dan kemandirian dalam belajar sehingga mewujudkan peserta didik yang berkarakter sesuai Profil Pelajar Pancasila.