Minggu, 19-05-2024
  • Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit, Sejatinya seseorang hanya suka menilai buruk orang lain, namun tidak suka dirinya dinilai buruk. Suka mengritik orang lain, namun tidak suka dikritik orang lain.

Pesta Demokrasi SMA Negeri 1 Pinogaluman

Diterbitkan : - Kategori : Berita

PINOGALUMAN, Pemilihan Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 1 Pinogaluman Masa Bakti 2022/2023 dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis. Demokrasi identik dengan Politik, dalam penerapan sistem demokrasi, kita tidak hanya di tuntut untuk Negara saja, tetapi juga berdemokrasi dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Sekolah merupakan tempat kedua setelah rumah sebagai tempat yang perlu untuk ditanamkannya sistem demokrasi di dalamnya.

Pemilihan Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 1 Pinogaluman Masa Bakti 2022/2023 dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh warga sekolah. Tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari pembentukan komisi pemilihan OSIS, sosialisasi, pendaftaran bakal calon, penetapan calon, pengundian nomor urut, dan selanjutnya para calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilakukan.

SELFI KOHONGIA, S.Pd  selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Pinogaluman menuturkan proses demokrasi di sekolah melalui pemilu ketua OSIS dilakukan secara Jurdil (Jujur dan Adil). Kegiatan pemilihan Ketua OSIS diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan ketua OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS.

Hal senada disampaikan Pembina OSIS SMAN 1 Pinogaluman SYARIF GINOGA, S.PdM.Pd pemilihan dengan sistem pemilu ini kita lakukan untuk memberikan pendidikan demokrasi dengan bijak, dan mengenalkan sejak dini tentang tahapan pemilu kepada peserta didik. Selanjutnya dia menuturkan, ada dua psangan Calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS yang mendaftarkan diri, yakni DWI KARTIKA HUDENGO – NAYSILA PUTRI DG. MULISA dan ACO TALA’A – YUSUF INGGIRINA. Mereka memperebutkan 450 suara. Setelah semua memberikan hak suaranya, langsung dilanjutkan dengan penghitungan pungkasnya.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan