Senin, 20-05-2024
  • Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit, Sejatinya seseorang hanya suka menilai buruk orang lain, namun tidak suka dirinya dinilai buruk. Suka mengritik orang lain, namun tidak suka dikritik orang lain.

SMAN 1 PINOGALUMAN MENGGELAR PEMILIHAN KETUA OSIS PROJEK P5 TEMA SUARA DEMOKRASI

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan suatu wadah berkumpulnya para siswa untuk mencapai tujuan tertentu guna memfasilitasi para siswa agar bekerja sesuai tugasnya masing-masing demi kepentingan sekolah dan seluruh siswa.

Pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Pinoagluman Masa Bakti 2023/2024 Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan ketua OSIS SMA Negeri 1 Pinogaluman dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh warga sekolah. Tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari Pendaftaran Bakal Calon Ketos, yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. Para calon ketua OSIS menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilakukan.

Sehari sebelum pemilihan KPU Bolaang Mongondow Utara melakukan pendampingan dalam simulasi tata cara pemilihan yang benar sesuai prosedur. KPU Bolaang Mongondow Utara mengapresiasi inisiatif SMAN 1 Pinogaluman yang melaksanakan Pemilihan Ketua OSIS ini dengan tatacara layaknya pelaksanaan pemungutan suara di TPS dalam Pemilu/Pemilihan. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran bagi siswa-siswi tentang mekanisme pemungutan suara di TPS. Hingga pada saatnya mereka telah memiliki hak pilih, dapat menggunakannya dengan baik di TPS.

Kepala SMA Negeri 1 Pinogaluman SELFI KOHONGIA, S.Pd. mengatakan pemilihan ketua OSIS tahun ini merupakan aksi nyata dari Projek P5 yaitu Suara Demokrasi. Untuk itu harapannya peserta didik memiliki kompetensi untuk menjadi warga negara yang demokratis serta menjadi manusia unggul dan produktif serta Profil Pelajar Pancasila memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0, pungkasnya.

FADLUN ALKATIRI, S.Pd selaku Pembina OSIS dan atas nama panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIS memastikan proses demokrasi di sekolah melalui pemilu ketua OSIS dilakukan secara Jurdil (Jujur dan Adil).

Kegiatan pemilihan Ketua OSIS diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan ketua OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS. tuturnya.