Kamis, 25-04-2024
  • Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit, Sejatinya seseorang hanya suka menilai buruk orang lain, namun tidak suka dirinya dinilai buruk. Suka mengritik orang lain, namun tidak suka dikritik orang lain.

SMAN 1 PINOGALUMAN TUAN RUMAH MGMP SMA SE BOLMONG UTARA

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Pinogaluman, 6 Februari 2024. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA Kab. Bolaang Mongondow Utara menggelar penyusunan soal Ujian Sekolah (US). Kegiatan yang difasilitasi Cabang Dinas Pendidikan Bolmong Utara dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA tersebut, diikuti oleh para guru mata pelajaran yang mewakili sekolah SMA se Kab. Bolmong Utara diselenggarakan di SMAN 1 Pinogaluman, sesuai agenda akan berlangsung selama 2 (dua) hari.

Kepala Cabang Dinas, PATRA KAPISO, S.Pd, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda rutin pihaknya dalam mengakomodasi satuan pendidikan jenjang SMA dalam menyiapkan US sesuai dengan kalender akademik di bidang penilaian. Menurutnya, hal ini juga dilaksanakan sebagai peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dan mendukung program yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Sementara itu, Hamjan Ahmad, S.Pd Ketua MKKS SMA Kab. Bolaang Mongondow Utara, menjelaskan penyusunan soal US merupakan program yang dibahas dalam internal pengurus MKKS dan Cabang Dinas dalam meminimalisasi ‘learning loss’ yang terjadi saat kondisi pembelajaran di setiap sekolah.

Di sisi lain, La Ode Sarfila, S.Pd selaku Ketua MGMP SMA Bolmong Utara, mengungkapkan diperlukan kecakapan para penyusun dalam merancang bentuk soal. Oleh karena itu, pihaknya dan para pengurus MGMP lainnya memulai penyusunan soal dari mendesain kisi-kisi soal terlebih dahulu. Sehingga hal ini memudahkan para penyusun dalam membuat soal yang sesuai dengan standarisasi penilaian yang baik dan benar. Penyusunan soal US pada tahun pelajaran 2023/2024 merupakan salah satu upaya pengurus MGMP dalam rangka memudahkan para guru untuk menyiapan bentuk penilaian di masing-masing mata pelajaran. Diharapkannya, kegiatan ini meningkatkan kecakapan para penyusun dalam membuat soal yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan.